Penemuan Menakjubkan di 2012 yang Dulu Hanya Ada di Film Fiksi

Tahukah kamu, manusia Cyborg sebenarnya sudah jadi kenyataan? Serta  teknologi teleport - memindahkan objek - seperti di film Star Trek bisa  dilakukan? Di abad 21 ini, semua hal yang dulu hanya khayalan di film  fiksi ilmiah semakin mendekati kenyataan.

Selama tahun 2012, inilah 6 temuan teknologi menakjubkan yang berhasil dikembangkan.

1. Anggota Tubuh Bionik
Sebelumnya  gambaran tubuh bionik muncul pada 1960. Istilah "cyborg" (cybernetic  organism) dimunculkan oleh Manfred E Clynes dan Nathan S Kline dalam  sebuah artikel yang keduanya tulis dalam jurnal Astronautics.

Sejak  itu, anggota badan bionik telah menjadi kiasan dalam banyak potongan  cerita fiksi. Tercatat muncul fiksi The Six Million Dollar Man dari  tahun 1970-an, Borg of Star Trek dan bahkan Darth Vader, karakter  sentral dalam  Star Wars.

Pada 2012 ini, untuk pertama kalinya,  seorang wanita lumpuh mampu mengendalikan anggota tubuh robotnya. Adalah  Claire Lomas, wanita yang lumpuh akibat sebuah kecelakaan berkuda pada  2007 yang mengakibatkan leher, tulang punggung dan tulang rusuknya  patah. Tapi dengan sebuah bantuan tubuh bionik, ia mampu menjalankan  lari maraton selama 16 hari.

Percobaan bionik pada primata juga  sudah memungkinkan untuk membuat antarmuka otak komputer yang cukup  efisien untuk merancang gerakan lebih realistis ke dalam anggota badan.  Anggota badan bionik Lomas berbeda dengan bionik yang terdapat dalam  kisah fiksi, karena masih terhubung melalui elektroda eksternal untuk  tengkorak.

 2. Teleportasi dan Komunikasi Kuantum
Dalam  film Star Trek, terdapat sebuah teknologi yang disebut "teleportasi"  yakni memindahkan suatu objek ke tempat lain melalui sebuah alat yang  disebut transporter. Dengan alat ini, objek dapat dipindahkan ke sesuatu  tempat tertentu dengan menghilangkan objek.

Kisah fiksi ini  semakin menjadi nyata. Rekor baru untuk kejutan listrik foton (partikel  elementer dalam fenomena elektromagnetik) langsung dari satu tempat ke  tempat lain telah terjadi pada tahun ini. Teleportasi kuantum telah  dilakukan di laboratorium untuk beberapa waktu, meski jarak hanya dalam  ukuran beberapa meter.

Pada November 2012, rekor terbaru  teleportasi kuantum tercipta yaitu 89 mil atau 143 km.  Selain  teleportasi, para ilmuwan juga membangun internet kuantum pertama. Meski  penemuan ini masih awal, tapi teleportasi foton untuk jarak beberapa  mil akan memungkinkan komunikasi yang aman, anti disadap.

 3. Penyakit genetik dapat dicegah
Rekayasa  genetika untuk manusia yang lebih baik merupakan topik yang muncul  berulang-ulang sejak novel "Brave New World" karya Aldous Huxley yang  terbit pada tahun 1931. Novel ini menceritakan antisipasi perkembangan  teknologi reproduksi masa depan yang mengubah masyarakat.

Novel  ini memicu film seperti "Gattaca" yang menyajikan rekayasa genetik pada  anak-anak untuk memastikan sifat genetik terbaik yang dihasilkan orang  tua dan novel "Beggars" di Spanyol yang mengeksplorasi implikasi dari  perubahan genetik muncul secara luas.

Nah, pada 2012 ini, konsep  untuk rekayasa genetik telah muncul tapi untuk mencegah suatu penyakit  mitokondria. Sekitar satu dari 200 orang yang lahir diperkirakan  menderita dengan gangguan di mitokondria, pusat energi sel. Untuk  pertama kalinya para ilmuwan mampu mentransfer inti DNA dari satu sel  telur manusia yang lain. Dua kelompok independen menemukan cara untuk  transplantasi inti antara sel telur manusia, dan meninggalkan DNA  mitokondria, yang diturunkan dari ibu ke anak.

Temuan ini berarti  membuat gangguan mitokondria dapat disembuhkan sebelum anak lahir.  Meski teknik-teknik tersebut tidak akan menyembuhkan penyakit seperti  sindrom Down, yang melibatkan inti DNA tapi itu menunjukkan bahwa  beberapa manipulasi genom manusia bukan hanya mungkin, tapi bisa  terjadi.

 4. Penerjemah Universal
Dalam  sebuah drama fiksi sains, penerjemah universal tersaji dalam serial  "Doctor Who" yang dirilis sejak 1963. Dalam drama ini terdapat sebuah  instalansi bernama "Time and Relative Dimension in Space (Tardis),  sebuah mesin waktu, yang menghasilkan sebuah medan yang memungkinkan  para wisatawan untuk memahami bahasa mahluk asing tanpa membutuhkan  bantuan kamus.

Konsep penerjemah universal ini juga termasuk  dalam novel trilogi "Mars" karya Kim Stanley Robinson, salah satu  penulis sains fiksi asal Amerika Serikat.  Konsep ini berhasil  diwujudkan dengan munculnya aplikasi penerjemah berbasis suara, Jibbigo.  Aplikasi penerjemah ini membutuhkan koneksi internet. Beberapa  penerjemah universal yang muncul yaitu Klingon dan Comic-con.

 5. Kacamata Canggih di kepala
Pembaca  novel "Accelerando" dari Charles Stross tentu sangat antusias  menantikan kehadiran Google Glasses, sebuah kacamata canggih augmented  reality besutan Google. Dalam novel yang dirilis pada 5 Juli 2005  tersebut, digambarkan tokoh protagonis, Manfred MacX membawa data dan  memorinya dalam sepasang kacamata yang terhubung ke internet.

Sementara  Google yang merilis Google Glasses pada tahun ini memungkinkan  penggunanya untuk mengakses data, internet dan memotret melalui kamera  yang ada di kacamata tersebut.

 6. Penerbangan Ruang Angkasa Swasta
Dalam  banyak cerita fiksi ilmiah, banyak perjalanan ruang angkasa dilakukan  pihak swasta. Misalnya dalam film sains fiksi terbaru besutan Ridley  Scott, "Prometheus" yang dirilis 30 Mei 2012. Dalam film ini, Weyland  Corporation mendanai sebuah ekspedisi untuk mengikuti peta bintang ke  bulan LV-223.

Dan kenyataannya, sebuah perusahaan ruang angkasa  swasta, SpaceX, yang dimiliki Elon Musk akan meluncurkan puluhan misi  pertama yang direncanakan ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).  Kapsul Dragon dirancang untuk memasok ISS, namun Musk, yang juga pendiri  PayPal, juga tak puas dengan misi tersebut. Ia memiliki rencana besar,  melakukan kolonisasi Mars. 

Description: Penemuan Menakjubkan di 2012 yang Dulu Hanya Ada di Film Fiksi, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Penemuan Menakjubkan di 2012 yang Dulu Hanya Ada di Film Fiksi